January 05, 2013

a Piece of My Heart about Tama


 kriiinggg..
kringgg...  kriiiinggg..
 " Oh God... "
Suara Alarm yang persis banget dengan nada ringtone hape gue itu bunyi berulangkali dan merusak indahnya mimpi gue. Beruntung ini hari minggu. Jadi, gue bisa ngelanjutin tu mimpi, bangun siang, nonton tv sepuasnya, bersantai-santai ~ #pinginnya
*PLAK*

Sebelumnya kenalin, nama gue Tirta. Hidup gue biasa aja, tapi gak flat juga sih.
Gue orang Jawa yang lahir di Jakarta, di besarin di Lombok dan sekarang tinggal di kota Gudeg. Yak, Jogjakarta!

Ceritanya panjang kenapa gue sekarang bisa tinggal di kota pendidikan ini.
Yang jelas, gue nyaman tinggal disini dan merasa lebih tenang daripada ketika gue tinggal di Jakarta, meskipun ini tempat budhe gue.
Tinggal di tempat budhe itu gak buruk-buruk amat laaaah.
Perbandingannya seperti ini : kalau lo tau anak kos dan nasibnya seperti apa, yaaah gue hampir mirip 10:12 lah ~
Bedanya, gue gak bisa sebebas layaknya anak kos.
Boro-boro mau hangout bareng temen pas malem, gue pulang dari sekolah yang nyaris hampir maghrib aja, udah menjadi sebuah pertanyaan.
 
"Helooow, gue udah kelas 3 SMA ! Gue bukan anak kecil yang perlu penjagaan ketat biar gak kena kasus penculikan! Gue bisa jaga diri, gue bisa, gue bisaaaaa...." *plak* Percuma! Gak akan ada yang mengerti situasi gue saat ini bagaimana.
Gue tau, mungkin itu mereka lakuin karena mereka care ke gue atau apalah, yang jelas, terkadang gue ngerasa terkekang banget
Dan ditempat budhe ini, gue jadi terbiasa buat 'kerja'.
Gak digaji memang, tapi gue diberi saran oleh nyokap buat tau pekerjaan, tau diri, and blablabla. Itulah mengapa gue gak bisa lagi nikmatin tidur sampai siang -_-

***

Jam 09.00
gue udah mandi, sarapan, buatin minum buat orang rumah, bersihin kamar mandi, nyiram bunga, yak untuk yang ini gue terlihat lebih rajin daripada temen-temen gue yang di Jakarta sana haha.
bosen banget rasanya hidup ini, berjalan seperti itu itu ituuuu aja, kecuali kalau lagi main dengan teman/sahabat.
Beruntung, gue masih punya lepi kesayangan haha
Hal yang biasa gue lakuin bersama lepi sih yaaa kalau gak buat poto, nonton film, dengerin musik, online, tapi berhubung modem gue lagi sekarat, gue putusin buat nonton film aja.
Di lepi gue, filmnya gak terlalu banyak, cuman ada sekitar 40'an.
Itu bukan apa-apa, di Jakarta gue punya ratusan CD film dari berbagai penjuru. Gue suka film, tapi gak yang 'WOW' . Karena menurut gue, itu bukan apa-apa dibanding paman gue yang sekarang tinggal di Swiss. Oh God.., kalau udah masuk rumahnya itu, berasa masuk toko kaset terlengkap sejagad raya #eh -__-

Next..
sebelumnya, gue melakukan kebiasaan gue terlebih dahulu, yakni ngotak-atik lepi.
 
***

Tangan gue seketika berhenti ketika sampai di folder berjudul "the sweetest of JHS".
 Awalnya agak heran dengan apa isi dari folder tersebut, hingga akhirnya gue meng-kliknya.
*hening...*
Isi folder itu berupa kumpulan foto-foto gue ketika SMP dengan orang-orang yang gue sayang, siapa lagi kalau bukan sahabat-sahabat gue.
gue telusuri 1 per 1 foto-foto itu hingga akhirnya..
air mata gue gak ketahan, ngalir gitu aja ketika mandangin foto gue yang sedang bersama seorang cowok.


 ***


Tirta dan Tama, serasi bukan? haha
dia bukan cowok gue, gue juga gak bakalan naksir dia :D
kita cuman sahabat, meskipun gitu, gue selalu nganggep Tama adalah orang yang paling 'sip' buat gue.
Kita sahabatan dari kelas 1 SD, seenggaknya gue nganggep begitu. eehh, tapi dianya enggak ._.
ketika kelas 1 SMP, dia nembak gue buat jadi sahabatnya. Spontan aja gue ketawa, gimana enggak, dia udah gue anggap sahabat dari kelas 1 SD :D
kelas 2  SMP, lain kisah pula.
Gue ditembak oleh 3 orang cowok sekaligus di tanggal nyokap gue lahir, entah mereka janjian atau enggak.
09.09.09 -> tanggal yang merubah hidup gue seketika.
3 cowok nembak gue gitu aja, untung aja waktunya gak barengan -_-
pagi hari, sekitar pukul setengah 7 seperti biasa gue udah standby @kelas.
HP gue geter tiba-tiba menandakan ada sms yang masuk.
"ke Taman sekarang ya. aku tunggu. (◦'⌣'◦) 
-Juon-"
Juon adalah senior gue yang gue kenal ketika MOS dulu. Kita akrab karena suatu hal, sama-sama menyukai band SO7 yang namanya masih terkenal sampai sekarang.
Agak heran sih dapet sms itu, tapi daripada kelamaan, gue langsung pergi ke taman. 

Ketika gue sampe disana, gak ada orang lain kecuali gue dan tukang kebun. "sial, gue dikerjain" pikir gue.
Tapi ketika gue balik badan, tiba-tiba aja Kak Juon dateng menghampiri gue dengan bunga Mawar di tangannya. Dia berhenti tepat 1 meter di depan gue.
Dia memberikan bunga mawar itu ke gue sambil berkata "do you wanna be my girlfriend?"
WHAAAaaatttttt?? kaget banget gue dengernya, dia memang cakep, cakep banget malah, tajir, baik juga sama gue, tapi...
Jreeengg~ tutuuuuutatataa~
 bel sekolah yang memiliki bunyi aneh itu merupakan salah satu cara ampuh yang bisa gue lakuin buat menghindar dari pertanyaan itu. pikir gue.
"maaf kak, udah bel. Aku masuk ke kelas dulu ya." langsung aja gue ngacir ke kelas dengan muka merah merona ~ ._.

Baru aja rasanya gue duduk, HP udah geter gitu aja -_-
"Kamu gak harus jawab sekarang kok Ta, ikuti kata hatimu aja. Oke? :)
-Juon- "
 whaaaaaaattt??? dia lagi? Oh God..
Gue bingung harus gimana. 1 hal yang gue pikir adalah konsultasi.
So, gue milih untuk cerita ke Tama tentang itu. Bersyukur Tama 1 kelas sama gue, jadi gak ada yang dapat menghalangi gue buat cerita ke dia sekarang juga. Kecuali..
Guru Biologi, Bu Erina yang punya tingkat ke galakkan akut.
Sebelum ibu itu dateng, gue menghampiri meja Tama. "Ma, gue mau cerita" kata gue.
"Ok, noproblem. Ada yang mau gue sampain juga ke elo Ta."

bel istirahat pertama akhirnya berbunyi, menandakan pintu kebebasan telah dibuka buat gue saat itu juga #lebay haha.
Ketika gue sedang memasukkan buku kedalam tas, Tama udah standby depan meja gue sambil bilang "ayo ke kantin, katanya lo mau cerita"
Tanpa basabasi, gue pun langsung berdiri dan siap buat ke kantin.

@KANTIN
 gue ceritain kejadian tadi pagi ke dia. 
"Terus lo jawab apa?" kata Tama.
"hah? entah Tam, gue ragu." jawab gue.
"Kenapa ragu? lo suka gak sama dia? Kalau lo suka, ya lo terima. Kalau enggak, ya lo tolak aja. Hidup jangan dibuat ribet Ta"
"Iyasih. Tapi kalau gue tolak, gue gak enak Tam. Kalau lo jadi gue apa yang lo lakuin?" gue bingung.
 "Kalau gue ngelakuin sama dengan yang Juon lakuin, apa lo mau terima gue?" tanya Tama.
"Hah? apaan sih lo Tam. Gak lucu tau gak!" 
"Oke, gue jujur. Ta, sebenarnya gue suka sama lo dari awal. Pertamanya sih gue nyangka ini cuman sekedar sahabat. Ternyata enggak, gue sayang sama lo Ta dan itu lebih dari sekedar sahabat."
Jujur, gue bingung mau ngejawab apa dan bagaimana ngomongnya. Yang ada dipikiran gue saat itu,  Sahabat itu ya sahabat aja. Kalau entar pacaran, malah berantem berantem terus putus kan malah kacau. Gue gak mau persahabatan gue dengan Tama rusak. Gue sayang dia, tapi sebagai sahabat.
"Maaf Tam, gue gak bisa" jawab gue ke Tama langsung pergi ninggalin dia sendirian di kantin.

Ya Tuhan, ada apa dengan hari ini? Bisa gila gue -_-
Bel masuk berbunyi, tapi gue berbelok ke UKS.
Gue sengaja gak ke kelas. Gue mau istirahat aja di UKS nenangin pikiran.
*braaakk*
gue gak fokus liat jalan, gue jatoh setelah nabrak orang di depan gue.
"Ooh sorry, gue gak fokus." gue berusaha minta maaf sambil berusaha bangun.
"eh, iya, gak papa. Lo kenapa Ta?" kata orang itu.
Setelah gue bisa bangun, gue liat orang tersebut. Dan ternyata dia adalah Sota. 
Cowok yang bisa bikin gue bete aja tiap harinya. Gimana enggak, setiap ketemu pasti aja bawaannya berabtem. Kalau dibandingin dengan Tama, sifat mereka beda JAUH banget! 
"Eh lo, gue duluan ya. bye" mungkin gue terdengar jutek, tapi gue lagi gak mood buat berantem sama dia waktu itu.
"eh tunggu.." dia pegang tangan gue. seketika gue lepasin langsung tangannya. "apaan sih lo ni? kalau mau ngejek gue, tunda dulu deh. gue lagi gak mood buat ngeladenin lo!" langsung gue tinggalin dia dan menuju ke UKS. aaahh.. kasur di UKS itu membuat gue lebih nyaman, gue bisa istirahat sementara.

Kebangun dari tidur gue yang cukup nyaman, gue langsung cus~ keluar buat ngambil tas terus pulang.
"akhirnya lo keluar juga. Lo sakit apa ta?" tiba-tiba ada suara cowok ketika gue keluar dari UKS. Dan lagilagi itu adalah Sota .
"aih lo lagi, ada apa sih? Gue mau balik dan jangan sok baik dengan gue, NGERTI!" mungkin nada gue terdengar lebih tinggi dan terlihat seolah-olah menyentak. Tapi ya.. mau gimana lagi, kejadian hari ini sudah cukup buat gue pusing. Gue terus jalan ninggalin Sota.
"Ta, tunggu.." dan lagi, dia megang tangan gue untuk men-stop langkah gue.
"Ih, apaan sih lo pegang-pegang tangan gue!" gue berusaha ngelepasin tangan gue.
dia diam sebentar, lalu bilang "Ta, gue mau lo jadi pacar gue."
"whaattt??"
What the hell gitu, 3 cowok nembak gue dalam 1 hari? Aaah, apakah dunia akan kiamat? -_-
Gue salting seketika, gue bingung harus ngomong apaan. 1 hal yang bisa gue lakuin, gue pergi ninggalin dia gitu aja.


***

"aku pulang.."
akhirnya gue masuk ke dalam rumah juga. Di rumah terlihat bokap dan kakak gue sedang sibuk bersihin rumah.
"cieee lagi pada rajin ya orang rumah" canda gue.
"Heh, jangan bilang kamu lupa kalau hari ini mama ulangtahun" jawab kakak gue dengan nada sedikit agak mirip preman.
yaampun, kejadian hari ini membuat gue amnesia seketika. Padahal rencananya abis pulang sekolah gue mau ngajak Tama buat nyari kado nyokap! (_T) 
"hah? inget kok" jawab gue singkat. Gue langsung menuju ke kamar tanpa bilang ke bokap dan kakak gue.
Gak berapa lama HP gue bunyi, ada yang nelpon. Sial, dia pake privat number.
"Halo, siapa?" gue jawab tanpa salam dan ketus.
"Ah lo ni parah, salam dulu gitu loo. Gue Sota, Ta" jawab orang di telfon itu
"Lo lagi? maunya apa sih?"
"Udah jangan banyak cicicuit, sekarang lo keluar rumah. Gue udah di depan pager nih"
Kaget, gue langsung aja lari menuju keluar sebelum orang rumah pada sadar kalau ada Sota di depan pager.
Ah, sayang, gue terlambat. Kakak gue udah bukain pintu buat dia, so dia udah ada di ruang tamu. Tapi.... apa yang Sota bawa? Kenapa dia membawa bunga dan bingkisan berwana merah muda? apa yang mau dia lakuin?
 
***
Singkatnya, Sota nembak gue waktu itu juga di depan nyokap, bokap, dan kakak gue.
Sebenarnya udah lama nyokap dan bokap gue pingin agar gue dan Sota baikan, syukur kalau kita jadian, soalnya orangtua Sota adalah sahabat dari orangtua gue.
Waktu itu yang ada dipikiran gue adalah gue udah nolak sahabat gue. Kalau kak Juon, gue gak mungkin sama dia, gue gak mau pacaran sama kakak kelas. Sota? dia emang sih nyebelin, tapi kedekatan orangtua gue dan orangtua dia mungkin bisa berpengaruh baik. Lagian gue kasian, dia juga udah bela-belain ke rumah sendirian dan nembak gue di depan orang rumah.
yak, dan akhirnya, gue jadian dengan Sota hari itu juga.
Awalnya, gue suruh Sota untuk diam-diam aja.
Tapi ternyata, esoknya 1 sekolah sudah pada tau tentang jadian gue dan Sota, entah mereka dapet informasi darimana.
Gue kira dengan gue jadian sama Sota, gue udah gak ada masalah lagi, nyatanya gue salah.
Tama dan kak Juon mulai menjauh.
Kak Juon beralasan dia mau fokus buat UN, sedangkan Tama..
gue gak tau apa alasannya ngejauh. Gue tau, mungkin Tama sakit hati ketika tau bahwa gue dan Sota jadian. Tapi jujur, gue gak mau buat kehilangan dia.
 

***
Waktu terus berputar, dan akhirnya Tama bisa mengerti itu.
Hubungan persahabatan antara gue dan Tama pun berjalan baik, hingga akhirnya Tama jadian dengan sahabat gue. Dia ngejauh dari gue, alasannya dia gak enak sama ceweknya.
Gue pahamin itu. Dan akhirnya dia putus dari sahabat gue.
Selang beberapa bulan, dia jadian dengan teman dekat gue di bimbel waktu SD kelas 6 dulu. Namanya Asmi, dia lahir di tanggal dan tahun yang sama dengan Tama, yang membedakan hanya bulannya saja. Dan gue? masih sama Sota, meskipun gue dan Sota berulangkali putus-balikan-putus-balikan.
Awalnya baik-baik aja, ya jaga jarak samalah dengan ketika dia dengan sahabat gue.
eeeehh, tapi lama-lama, mereka tukeran nomer, Tama sama sekali gak dibolehin buat ngobrol dengan gue. Menurut gue itu berlebihan, benci banget gue rasanya dengan si Asmi itu. Dan ketika gue tau mereka putus, gue bahagia.
Ternyata Tama dimainin oleh cewek sialan itu. Dia diputusin cewek itu seminggu sebelum UN dengan alasan dia mau fokus ke UN dan gak dibolehin pacaran dulu dengan ortunya. Tapi, 2 minggu setelah UN, cewek itu jadian dengan cowok lain. FREAK !!!

***
Blablabla, akhirnya gue dan Tama sama-sama ngejomblo. Gue putus dengan Sota setelah jalan lebih dari 1tahun karena suatu hal dan itu udah ngebuat gue kukuh untuk gak akan balikan dengan dia. Dan ditambah sekarang gue SMA di Jogjakarta.
Hubungan gue dan Tama deket lagi, sama seperti ketika kita SMP. Pernah suatu waktu Tama dateng ke Jogja dan kita hangout bareng. Seneng rasanya bisa jalan sama dia.
Hingga akhirnya gue pun dapet kata-kata ini..


***
Ketika gue kelas 2, gue dapet informasi kalau Tama jadian dengan temen deket gue pas waktu SMP. Awalnya gue seneng, seneeeeenngg banget. Gue aja sampe nyeritain ke temen gue yang ada di Jogja ini "Tau gak? aku punya sahabat cowok, namanya Tama. dan dia sekarang jadian dengan temen deket aku pas SMP namanya Keti. Pasti lucu deh mereka. aah semoga langgeng deh"
Sampe akhirnya gue tau, Keti cemburu dengan gue.
"Helooow, Tama itu sahabat gue! Oke, gue memang punya sahabat lebih dari 1, tapi bagi gue Tama itu yang no.1! Dia cowok yang paling ngertiin gue dan gue bahagia banget punya dia sebagai sahabat gue. "
Gue di Jogja sedangkan Tama di Jakarta. Selama ini, kalau gue ada apa-apa gue selalu ceritain ke Tama via sms, message fb, skype'an, atau nge-DM dia.
Tapi semenjak dia udah pacaran dengan Keti, gue merasakan hal yang sama waktu Tama jadian dengan si Asmi.
Pernah suatu saat gue liat skypenya Tama online, dan gue chat dia "Hai Tamaaaaaaaaaaaaa"
tapi gak ada respon sama sekali, dan ketika gue coba 'call' , gak diangkat sampai akhirnya dia offline. Hingga gue tersadar, apa jangan-jangan itu Keti?
He isn't my boyfriend, but I love his hugs, smile, advice, kindness & the times we laugh together. I just fell in love with our friendship. -TheseDamnQuote-
 
***
Jujur, gue kangen dengan Tama. Meskipun gue sering tersadar kalau dia udah ada yang punya. Finally, gue kirim pesan via DM ke Tama, gue pingin dia baca.
Gue pingin dia tahu, If I'm missing him! not with himself, but our friendship!!!!

Balesannnya lama, tapi gak sampai 2 minggu. Padahal gue sering banget liat dia online twitter dan membuat tweet. Tapi bagi gue, yasudahlah, akhirnya gue liat dia bahagia lagi. Dan selanjutnya terjadi miss-com antara gue dan Tama.
Hal yang lucu menurut gue adalah waktu gue sempet balik ke Jakarta, dan gue dapet berita kalau Keti cemburu+marah besar karena pesan yang gue kirim via DM waktu dulu itu ke Tama. Disitu gue jadi bingung, gue merasa isi pesan gue biasa aja.
Jujur, malem itu juga gue nangis.
Di 1 sisi gue kesel, kesel dengan keadaan yang membuat gue dan Tama jauh. 
Gue benci Keti!
Dia ngerubah semuanya! 
Dia yang membuat gue dengan Tama jauh! 
Dia yang membuat gue harus kehilangan seseorang yang ngertiin gue sebagai sahabat! Sekarang siapa yang jahat?! Siapa yang kenal dengan Tama paling lama?!
Gue sedih, tapi gue bahagia liat Tama bisa bahagia dekat dengan Keti.
Di lain sisi, gue sadar. Gue bukan apa-apanya Tama. 
Gue cuman 'sahabat'. 
Yang itu aja iya kalau Tama masih nganggep gue sahabat.
Lalu gue berfikir, yang namanya orang pacaran itu, wajar adanya kalau mereka posesif.
Gue pun menceritakan itu ke nyokap, dan nyokap berkata
"Yaudah, lebih baik kamu ngejauh aja. Mungkin kamu nganggepnya cuman sahabat. Tapi kalau udah yang namanya orang pacaran, sahabat apalagi cewek-cowok udah bisa buat cemburu"
Gue pahamin maksud nyokap, meskipun gue masih susah sampai saat ini.
Namun kini gue sedikit bisa lebih baik, gue gak harus nangis lagi buat mengetahui kenyataan yang sekarang, yang gue tau, gue bahagia liat lo bahagia Tam! :)
Selalu, gue kangen Tama. Gue kangen saat kita bersama Tam, gue kangen tertawa bareng lo, dan 1 hal yang gue dapet..

Kini, waktu tak dapat kuputar kembali dan penyesalan telah tertuliskan di dalam catatan persahabatan kita. Dan...  ya, aku selalu mengetahui hal itu. I can't do anything now, except make a wish, make some promises...
Aku berjanji, aku disini akan selalu tersenyum melihat dirimu bahagia disana. Aku takkan mengusik kehidupanmu, namun percayalah sobat, ketika kau membutuhkanku, aku selalu siap disini. Meskipun  raga ini tak disampingmu, namun do'a yang selalu ku berikan padamu akan selalu menyertai setiap langkahmu.
Ketahuilah sobat, aku merindukanmu, meskipun aku mengetahui kau telah ada yang memiliki dan ku tak peduli apakah kau masih menganggapku sebagai sahabat atau tidak. Namun ku kan selalu pastikan, untuk selalu ada disampingmu. Aku berharap, keadaan ini kan lekas membaik. :')
-The End-

#NB : mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan kesamaan dalam nama dan cerita, beri komentar yang bermanfaat tentang posting ini ya . Terimakasih :)

No comments:

Post a Comment

Open Cbox